Ingin Main Saham Sudah Tahu 1 Lot Berapa Lembar Ini Penjelasannya

Ketika ingin mengembangkan uang yang dimiliki pada rekening tabungan, mungkin bermain saham adalah pilihan yang dapat di lirik. Namun ada baiknya jika sebelum terjun benar-benar mempelajari bagaimana cara main dan detail-detail dari permainan saham. Terutama jumlah 1 lot berapa lembar yang akan anda beli nantinya, sudahkah anda tahu berapa satu lembar saham yang akan anda dapatkan jika Anda membeli satu lot?


Jika Anda membeli 1 lot sama dengan membeli 100 lembar saham sebuah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, aturan ini mulai diterapkan pada 1 Januari tahun 2014 silam. Sebelumnya satu lot sama dengan 500 lembar saham, pengurangan jumlah lembar dalam satu lot ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat dalam berinvestasi di pasar saham. Dengan berkurangnya jumlah lembar dalam satu lot, maka harga 1 lot pun juga turun sehingga masyarakat dengan uang yang cukup dapat ikut bermain saham. 

Sejalan dengan hal ini dikabarkan bursa efek Indonesia juga akan kembali menurunkan jumlah lembar saham dalam satu lot, namun hal ini masih digodok dan belum terlaksana. "Itu baru wacana yang akan didiskusikan dengan OJK untuk mendapat pandangan dan persetujuan mereka," tutur Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono W. Widodo pada Jumat tanggal 18 Maret 2022 lalu. "Alasannya (mau mengubah satuan lot saham) supaya menambah minat investor retail untuk investasi di pasar modal dengan modal yang tidak besar. Rencana (penambahan kapasitas perdagangan) tahun depan. Nanti akan diinfokan kemudian,"  tambahnya.

Nyatanya sejak tahun 2021 wacana ini masih dalam tahap penelitian atau studi lebih lanjut, "Itu tergantung dari analisis studinya akan seperti apa. Belum ada diskusi lebih lanjut sama Bursa, jadi nanti akan ada lanjutannya," kata Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Yunita Linda Sari di Nusa Dua, Bali, tanggal 9 April 2021.

Jumlah dari investor pada pasar modal juga kian bertambah. Jika dihitung, investor yang bermain saham pada pasar modal tercatat mencapai 8,1 juta SID sampai Februari 2022. Jumlah investor pada pasar modal tadi mengalami kenaikan sebesar 8,2 persen dari posisi akhir Desember 2021 yakni sebanyak 7,5 juta SID.

Menilik dari jumlah investor tadi, investor yang bermain saham tercatat 3,65 juta SID sampai bulan Februari 2022 atau tumbuh sebanyak jika dibandingkan dengan akhir tahun 2021. 

Menilik laman yuknabungsaham.idx.co.id, Minggu tanggal 6 Maret 2022, saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan sebuah klaim atas penghasilan juga kekayaan perseroan. Perusahaan yang sahamnya bisa dibeli pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dikaty perusahaan tercatat. 

Saham adalah salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi golongan jangka panjang.

Penentuan jumlah lembar dalam 1 lot ini bukan tanpa alasan, hal ini memiliki 2 tujuan yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dari permainan saham. Berikut ini adalah 2 tujuan dalam penentuan jumlah lembar saham yang didapat jika membeli 1 lot banyaknya.

1. Melakukan Penjagaan Nominal Ideal Transaksi Saham
BEI memutuskan satu lot saham sama dengan beberapa lembar guna menjaga nominal ideal transaksi antara emiten, underwriter, serta investor.

2. Mempercepat perusahaan untuk menerima permodalan
Tujuan kedua adalah guna melindungi perusahaan dari investor yang tidak begitu serius, apalagi tujuan perusahaan menjual saham agar segera mendapatkan bantuan permodalan dalam jumlah besar. Jika tidak ditentukan harga saham per lot, proses penjualan saham perusahaan dipastikan memakan waktu yang lebih lama.

Sekian informasi singkat tentang saham, semoga bermanfaat!!